Menghubungkan Arduino Arduino UNO dengan PC

Setelah kita mengenal Board Arduino, hal lain yang perlu kita ketahui adalah bagaimana kita memasukkan logic kedalam IC atau bagaimana kita melakukan programming. Untuk dapat memprogram Board Arduino, kita perlu software untuk melakukan programming dan menghubungkannya dengan PC.


Dan, kabar gembiranya, Arduino sudah menyediakan IDE yang cukup mudah dipakai. Untuk download IDE silakan kunjungi website resmi Arduino disini.

Setelah selesai mendownload IDE Arduino, lakukan installasi, langkah-langkahnya mudah, jadi saya kira saya gak perlu share disini.

Berikutnya adalah menghubungkan Arduino Uno dengan PC atau Laptop untuk Windows7, Vista, or XP:
  • Hubungkan board Arduino Uno, tunggu windows untuk melakukan driver installation. Biasanya gagal.   
  • Buka control panel windows, lalu buka device manager.
  • Cari Ports (COM & LPT), disana ada port "rduino UNO (COMxx)", click kanan dan pilih "Update Driver Software" option.
    Lalu pilih "Browse my computer for Driver software" option.cari driver file dengan nama "arduino.inf", di folder "Drivers". Folder dapat ditemukan ditempat instal software IDE Arduino.
  • Windows akan menyelesaikan instalasi driver.

Okay.. sekarang Arduino Uno sudah terhubung dengan PC. Anda dapat mencoba 1 program example yang sudah disediakan untuk memastikan semuanya sudah berjalan, yaitu Blink.



Setelah sketch terbuka pada windows software Arduino Anda, pilih tipe board Arduino Anda, dalam hal ini adalah Arduino Uno


Setelah board dipilih, pilih Port yang menghubungkan PC dengan Arduino. Lalu tekan tombol Upload pada menu bar diatas.


Setelah program terupload, terlihat di area notifikasi. Maka LED 13 dari Arduino Board akan berkedip-kedip dengan interval 1 second.

Nah.. sangat mudahkan? Saya sendiri tidak ada background Elektro, background saya adalah web programming dan desain. Dalam hitungan menit sudah bisa melakukan interfacing terhadap microcontroller dan mencoba programmingnya.

Boleh dibilang, Arduino ini sangat membantu kita yang tidak bisa solder menyolder dan atau memudahkan para pakar elektro untuk melakukan prototyping lebih cepat.

Artikel Sebelumnya: Arduino Uno Board 
Artikel Selanjutnya:  Pengenal Sketch  

Popular posts