POWER MINI TDA2822M

Power  Amplifier
                Power amplifier yang akan buat saat ini adalah power amplifier mono dan stereo, dengan kapasitas standard, yang biasa digunakan pada power speaker yang ada pada computer pada umumnya. Dengan menggunakan  IC TDA 2822M. IC jenis ini bisa kita rangkai  mono maupun stereo.

Fungsi
                Power amplifier berfungsi untuk melipat gandakan input audio yang masuk  sehingga  audio yang keluar dari out put bisa di dengar oleh telinga kita dalam jangkauan yang cukup jauh. Power speaker sangat banyak sekali kelasnya  yang mana pada tiap tiap kelas akan mewakili karakteristik power speaker tersebut. Dimulai dari penguat kelas A,B,C  dst. Power speaker ini juga mempunyai dua jenis yaitu power speaker mono dan stereo.
                Kenapa disebut power amplifier  mono?, karena  power speaker ini hanya terdapat satu buah power  speaker dan satu buah input/masukan, sehingga suara yang keluarnyapun hanya satu arah dan tidak dinamis walaupun dalam satu buah power amplifier menggunakan lebih dari satu speaker.
                Kenapa disebut power amplifier stereo? Karena power speaker ini menggunakan dua buah input dan dua buah output, sehinggan  suara yang dikeluarkan akan dinamis karena diberi dua masukan yang berbeda. Dalam penggunaan power amplifier stereo ini minimal dua buah laudspeaker untuk menghasilkan efek suara stereo.  Dalam amplifier stereo ini diberi dua input, yaitu input l (left)  dan R (right) sehingga akan menghasilkan suara yang dinamis dan enak didengar. Untuk saat ini perangkat power amplifier stereo ini masih di gemari oleh masyarakat indinesia dari menengah ke bawah. Untuk kalngan atas yang menggemari perangkat power amplifier ini jumlahnya sangat sedikit sekali mereka lebih memilih home theater.
                Home theater ini adah pengembangan dari power amplifier stereo, dalam home theater ini terdapat lebih dari enam sampai enam belas laud speaker yang mana pada setiap laud speaker terdapat satu karekter sinyal audio, sehinnga efek yang dihasilkan akan sangat dinamis sekali , seakan akan imajinasi kita masuk dan ikut pada apa yang kita dengar. Untuk home theater ini biasanya dikombinasikan dengan visual. Apabila audio dan visual ini disatukan maka akan menghasilkan  sesuatu yang sangat menarik.


 POWER AMPLIFIER MONO


POWER AMPLIFIER STREREO



Cara Penghitungan Komponen
1.capasitor 20 N (nano)
                Capasitor dapat dihitung melalui  body yang terdapat pada capasitor tersebut, untuk capasitor 20 N berarti tulisan pada body capasitornya 203 artinya 20000 p (pico) kalau diganti ke N (nano) menjadi 20N.

2.capasitor 100 N
                Capasitor dapat dihitung melalui  body yang terdapat pada capasitor tersebut, untuk capasitor 100 N berarti tulisan pada body capasitornya 104 artinya 100000 p (pico) kalau diganti ke N (nano) menjadi 100N.

3.capasitor 2N2
                Capasitor dapat dihitung melalui  body yang terdapat pada capasitor tersebut, untuk capasitor 2N2  berarti tulisan pada body capasitornya 222 artinya 2200 p (pico) kalau diganti ke N (nano) menjadi 2N2.

4.capasitor elco 100uf/25v
                Capasitor dapat dihitung melalui body komponen yang mana di sana tertera nilai,satuan, maksimal arus yang bisa di lalui dan suhu kerja maksimal  , contoh 100uf/25v  100°C,

5.resistor 560 Ω (ohm)
                Resistor dapat dihitung dengan dua cara yaitu dengan avo meter atau dengan menghitung warna pada body resistor.
Dengan AVO meter, putar selector pada posisi Ω (ohm) lalu tempelkan kedua kabel AVO meter tersebut pada dua kaki resistor. Lihat pada LCD AVO disana langsung tertera nilai resistor tersebut.
Dengan menghitung warna pada body resistor. Pada body resistor terdapat empat warna, kita jangan mendahulukan warna emas/perak. Hijau=5, biru=6, coklat=1 jadi 560 0hm.
6.IC TDA 2822M
                Cara untuk menghitung IC ini bisa kita lihat langsung pada body IC bagian atas di sana ada tulisan TDA2822M

Cara Perakitan

                Tahap 1
Perangkat dan komponen yang harus di sediakan
1.tenol
2.solder
3. PCB  kosong
4.tang potong / gunting kuku
5.RESISTOR 33KΩ
6.RESISTOR 560 Ω
7.capasitor 20N
8.capasitor 2N2
9.capasitor 100N 2x
10. capasitor elco 100uf/25v
11. IC TDA 2822M
12. laud speaker 8Ω

                Tahap ke-2
Gambar rangkaian pada PCB yang terdapat kuningannya dengan menggunakan spidol permanen 0.1, setelah gambar selesai lalu larutkan larutan feritchlorit sebanyak 50gr kedalam air kurang lebih 100ml air , lalu diamkan beberapa saat sampai  larutan tercampur dengan air. Selah itu masukan PCB yang telah digambar lalu digoyang goyang sampai hilang kuningan yang ada pada PCB tersebut (kuningan yang hilang yang tidak terkena spidol permanen), sisihkan. Lalu bor PCB tersebut untuk kaki komponen.
                Setelah PCB siap kita panaskan  solder, dan tunggu beberapa saat, lalu masukan komponen dimulai dari komponen terendah seperti resistor,  setelah satu komponen masuk harus langsung disolder dengan tujuan untuk mempermudah perakitan, selanjutnya kita pasang  capasitor, dalam pemasangan capasitor  harus hati hati karena kalau terlalu panas maka kwalitas capasitor akan menurun, dengan menurunya kwalitas secara otomatis kinerja perangkatpun akan menurun. Setelah pemasangan capasitor  beranjak pada pemasangan elco,  dalam pemasangan  elco jangan sampai terbalik  karena tidak akan berfungsi secara maksimal bahkan tidak sama sekali, terakhir kita pasang IC TDA 28222M, dalam pemasangan ini juga jangan sampat terbalik  untuk IC  TDA 2822m ada tanda seperti huruf u pada ujung tengah IC. dalam penyolderannyapun jangan terlalu panas karena akan mengakibatkan  turunnya kwalitas IC.
                Setelah pemasangan selesai  maka kita beralih pada proses instalasi kabel input  output dan pemasangan BOX untuk perangkat power amplifier mini ini, untuk input arus kita menggunakan minimal  3V DC dan maksimal 9V DC
               
Tahap ke-3
                Pada tahap ke tiga ini kita merapihkan kabel kabel dan juga menentukan posisi yang sesuai  untuk Power amplifier mini  ini  dengan tujuan untuk memaksimalkan kerja Power amplifier mini  . Dalam tahap ke tiga ini kita harus bisa mengemas Power amplifier mini   dengan sempurna denga tujuan agar indah dipandang mata.


Aplikasi
                Ppower  amplifier mini ini dapat kita aplikasikan pada perangkat elektronika  yang mempunyai output kecil kerang lebih 250 db. Pada dasarnya seluruh perangkat elektronika rumah tangga didalamnya terpat power amplifier mini ini. Seperti televisi, radio,power amplifier computer, hand phone,dll. Adapun power amplifier mini ini kita dapat aplikasikan pada Mp3,DVD,VCD,MP4,MP5,IPOD,HP,PSP dll


PENULIS: ade sunardi, S.PdI

Popular posts