berbagai kerusakan yang biasa terjadi pada TV W COM

1. Mesin Tv Wcom  stlah 2-3 menit nyala gbr menjadi kedip-kedip
ZENER DIODA
   


problem : Pertamakali dihidupkan gambar dan suara normal selang 2-3 menit gambar kedip-kedip serta ada bayangan seperti kerusakan elko b+,180v kering  dan suara juga ikut kresek - kresek.
    PENYELESAIAN : Terukur teganggan 33v untuk supply tuner naik turun. Ganti Zener N705 33v upc574 dari b+ 115v setelah melalui R12k, vcc ke tuner fs.

2. Mesin Tv Wcom suara normal tetapi gambar tidak ada (blank layar putih polos)
   
Matrix RGB
Problem : suara normal tetapi gambar tidak ada (blank layar putih polos). Namun osd masih bisa tampil.

Jalur perbaikan : aku cek tegangan di semua titik hasilnya normal.Tak lupa solder ulang di bagian matrik RGB karena terlihat banyak solderan yg retak, lalu ku coba hidupkan tv hasilnya nihil.
sambil nyruput teh hangat., berpikir sejenak apanya yg harus dioprek{istilah tuser} lagi.
Baru teringat sekarang . Sermod . Maka aku masuk servis mode. Beruntung remot aslinya masih ada.
Langsung aku tusuk lobang kecil di remot tsb. Maka di layar tampil mode servis. aku cek satu per satu pengaturan di tv ini, e.... Ternyata. Di setingan C.B/W nya yg seharusnya 0 berubah jadi 2. Nah ini biangnya pikirku. Tanpa pikir panjang aku ganti C/Wnya dengan angka 0. Mak cling.,,.. Horee... Bayaran deh. 
 Kesimpulannya : jika menemukan gejala kerusakan tv seperti di atas. Langsung saja buka sermod, dan masuk settingan C.B/W, OKE sob.
3. Mesin TV wcom mati total + konslet
    Problem : mati total, kalau di hidupin MCB Kwh malah turun.
    Penyebab : Mendengar penjelasan nya, kayaknya penyakit tv gak terlalu berat so pasti bagian regulator ada yang short  yang mnyebabkan konslet.
D2398

REGULATOR TV +
  
  Alur perbaikan : Tanpa basa basi dan menunggu lama aku langsung buka saja kasing tv nya.
Setau saya klo di lihat di regulator nya mirip sekali sama mesin tv buatan merek MAZDA, menurut saya tergolong awet, tapi kok ini dah short!!! langsung pencarian masalah di lakukan ternyta saya dapati transtistor D2498 short antara basis sama colektor nya, yaitu letak nya v513 dan aku dapat juga tr c2655 (v512) sama sort juga. Selesai pencarian ternyata cuma 2 komponen yang short alias yang rusak" langsung saja aku ambil cadangan sperpart dari tas ku.
Langsung saja aku ganti tr nya yaitu D2498 , aku lihat2 kok beda banget dari nomor cetakan yang asli nya, kok kaya sablonan merek nya, sedangkan yang punya aku (asli lo) heehhe.. pantesan mesin tv china sekarang harga nya bukan nya naik malah turun!!! al hasil komponen nya juga asal asalan!!! alias banyak yang palsu beda dengan mesin tv generasi sebelum nya yang lumayan awet:" dan V512 yaitu C2655 saya ganti dengan C3807 mungkin para master sudah tak asing lagi dengan jenis q tersebut"
penggantianpun selesai langsung aku coba hidupkan ni tv " uh.. mantap... gambar tv langsung baik alias bagus"
cuma pengaturan warna nya kaya nya kurang pas " aku coba buka seting factory langsung aku edit nilai2 nya tersebut" akhir nya mantap juga ( mirip mesin bawaan nya kata yang punya) ehm.. selesai deh.
4. Mesin TV Wcom gambar bergerigi,OSD hilang timbul,suara berdesah 
    Problem : gambar normal cuma bergerigi kecil-kecil di seluruh gambar, disamping itu OSD kadang muncul kadang enggak kadang juga bergetar, ditambah lagi suaranya yang di sertai desah yang cukup menggangu.
    Langkah Perbaikan : Seperti biasa tv china ini menggunakan IC program LC863532B 54D5 dan IC kroma LA76810A, langkah awal saya solder ulang dulu karena memang lumayan banyak yang pada retak kondisi solderannya,kemudian saya coba ONkan si TV tapi masih tetep saja, beralih ke pengecekan elko-elkonya di sekitar output regulator dan vertikal juga oke-oke saja.
Beralih lagi pengecekan di area jalur AFC dan OSD juga tidak ada masalah, tanpa sengaja pandangan mata tertuju pada elko di jalur ABL deket FBTnya, saya lihat posisi dari atas kok bentuknya aneh banget ya,setelah saya inguk EEEEE......LADALAH.....jebule njebrot,kikikikiki.......langsung saja tanpa pikir panjang aku ganti dengan yang baru, kemudian saya ONkan tv dan m@k BYAAAAARRRRR.....tv kembali ke posisi normal,gambar dan suara jernih lagi dan OSD pun anteng polahe hehehehe...... Karena unsur ketidaksengajaan atau memang keberuntungan saya ya?

5. Mesin TV Wcom mati 
    Problem : ngerjain TV mesin china dari seorang teman yang kebetulan juga service, karena kesulitan dan dianya agak repot jadi dilempar kerjaanya ke tempat saya. Kerusakannya umum yaitu tvnya mati.  Setelah tegangan PLN dilepas dari stock kontack, tegangan elco masih nyimpan dan tidak mau habis.
    Penyebab : Setelah kuperiksa, jaringan regulator tidak bekerja, tegangan di elco 220 uf/400 volt normal tapi di ouput trafo regulator tegangan kosong.
blok sekunder
    

Langkah perbaikan : Transistor regulator, driver dan osilatornya normal (tidak rusak) begitu ujarnya, selanjutnya aku periksa tahanannya satu persatu, nilainya tidak ada yang berubah. Pemeriksaanku sampai pada dioda-diodanya sampai aku menemukan kejanggalan pada satu dioda VD517 sebuah dioda silicon 1 ampere yang ternyata banyak. Wajar kalau dioda ini kurang menjadi perhatian dikarenakan letaknya yang tertutup resistor 2 watt dengan nilai 68 ohm. Tidak lama-lama langsung aku lepas dan kuganti, alhasil tv menyala dengan sempurna.
6. Mesin Tv Wcom '2 ic' gbr garis horisontal 
    problem :  tv ini gbrnya hanya garis horisontal dengan lebar sekitar 2-3 cm
    penyebab : bagian vertikal bermasalah
ic vertical d78040
ic vertical d78040

    
solusi : tanpa berfikir lama, langsung saya coba gnti ic vertical d78040 nya, dan ternyata hasilnya langsung jrengng...!normal kmbali
7. Mesin Tv Wcom '2 ic' volume di posisi max, tombol dan remot tidak fungsi


    problem : volume di posisi max, tombol dan remot tidak fungsi
ic program
   
penyebab : ic program pin 8 & 9 terukur 20 ohm terhadap ground atau berarti kedua pin tsbt sedikit konslet
    solusi : ganti ic program

Popular Posts